Karakter Merpati Menurut Warna Bulu

Warna bulu setiap burung merpati merupakan slah satu untuk dasar untuk identifikasi. Misal, seseorang yang memiliki burung merpati biasanya akan mengenal merpati kepunyaaannya walaupun ditempatkan bersamaan dengan merpati lainnya dalam jumlah yang banyak. Tetapi dibalik itu semua warna bulu dapat juga menentukan karakter dari burung tersebut.
Di bawah ini dijelaskan karakter dari setiap warna, walaupun dalam kenyataannya bisa saja berbeda dengan kenyataannya. Ciri - ciri / karakter merpati jika dikaitkan dengan warna bulu merpati dapat kita bedakan dan dapat disimpulkan dengan pernyataan di bawah ini :
- coklat :
Burung mudah dilatih, gampang giring, dan bisa ngeket. Untuk terbang dasar atau balap maupun tinggi sangat baik sekali, cocok dengan betina dengan bulu cokelat juga, teapi burung warna coklat gampang hilang. Maka berhati - hatilah jika punya burung warna coklat, jangan dipaksakan untuk terbang lebih dari 3x menerbangkan.

- blorok atau brontok :
Burung ini giringnya kurang baik, dijodokan dengan betina warna bulu apa saja bisa. Kelebihan warna bulu ini adalah insting untuk pulang sangat baik untuk tinggian. Memang jarang untuk burung seperti ini jago tinggian atau dasar, tetapi ada.

- megan :
burung ini giringnya baik, dijodohkan dengan betina warna bulu apa saja bisa. Kelebihan warna bulu ini adalah insting untuk pulang lebih baik dari blorok / brontok utuk tinggian. Burung seperti ini dapat  terbang sangat tinggi dan stamina yang prima dan dapat diterbangkan -/+ 45 km (tergantung latihan), tetapi kurang baik menukiknya, biasanya antara 75 - 80 derajat paling banter. Tetapi ada juga yang 90 derajat tetapi sangat jarang sekali.

- hitam meles :
burung ini giringnya sedang - sedang saja, dijodohkan dengan betina warna bulu apa saja bisa. Kelebihan warna bulu ini adalah insting untuk pulang lebih baik dari blorok  / brontok tetapi di bawah warna megan dapat diterbangkan dari jarak -/+ 35 km. Untuk terbangnya, burung seperti ini dapat terbang tinggi tetapi tidak melebihi ketinggian terbang warna megan.

- Tritis :
hampir sama dengan coklat, tetapi burung ini insting untuk pulangnya lebih baik daripada warna coklat. Dengan kata lain bahwa burung merpati dengan warna bulu tritis bisa dikatakan lebih cerdas daripada merpati yang berbulu warna coklat

- putih meles :
sangat jarang sekali warna putih meles jadi burung tinggi atau dasar yang unggul. Tetapi saya pernah melihat warna putih meles ini dapat terbang tinggi dan nukik 90 derajat. Warna putih meles cocok sebagai pemanis saat beberapa burung tinggi giring dan dikumpulkan betinanya dalam satu kurung.

- plontang :
Bulu warna ini mudah dijodohkan, terbang bisa tinggi, tetapi jeleknya nukiknya tidak konsisten alias kadang mau 90 derajat, kadang tidak padahal giringnya sama.





Kamis, 12 Januari 2012 di 10.20

0 Comments to "Karakter Merpati Menurut Warna Bulu"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan.